Rabu, 15 Oktober 2014

CONTOH RPP KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN IPS TINGKAT SMP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


                   Satuan Pendidikan       : Sekolah Menengah Pertama Negeri .............
Kelas/Semester                        : VII/1
                   Mata Pelajaran             : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
                   Tema/Topik                 : Penduduk Indonesia dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam
                   Sub Tema                    : Keadaan Penduduk Indonesia
                   Pertemuan Ke              : 1(2 x 40 menit)

A.     KOMPETENSI INTI :
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaan
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.     KOMPETENSI DASAR:
1.2.   Menghargai ajaran agama dalam berpikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat
1.3.   Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya.
2.3. Menunjukkan perilaku santun toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya.
3.4.Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi

      C1.   INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
3.4.1        Mengidentifikasi aktifitas pendudukdi lima propinsi terpadat di Indonesia.
3.4.2        Menggali  informasi tentang sebab-sebab suatu wilayah padat penduduknya.
3.4.3.      Menggali informasi tentang akibat yang terjadi jika suatu wilayah padat penduduknya

4.3.Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
C2. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
4.3.1.      Menghitung  kepadatan penduduk beberapa propinsi di Indonesia.
4.3.2.      Mengidentifikasi usaha untuk mengatasi persebaran penduduk yang tidak merata di Indonesia

D.     Tujuan Pembelajaran :
            Melalui diskusi siswa dapat :
1.    Mengidentifikasi aktifitas pendudukdi lima propinsi terpadat di Indonesia.
2.    Menghitung kepadatan penduduk beberapa propinsi di Indonesia.
3.      Menggali  informasi tentang sebab-sebab suatu wilayah padat penduduknya.
4.      Menggali informasi tenteng akibat yang terjadi jika suatu wilayah padat penduduknya.
5.      Mengidentifikasi usaha untuk mengatasi persebaran penduduk yang tidak merata di Indonesia.

E.     Materi Ajar:
1.      Aktifitas pendudukdi lima propinsi terpadat di Indonesia
2.      Menghitung kepadatan penduduk beberapa propinsi di Indonesia

3.      Sebab-sebab suatu wilayah padat penduduknya.
4.      Akibat yang terjadi jika suatu wilayah padat penduduknya.
5.      Usaha untuk mengatasi persebaran penduduk yang tidak merata di Indonesia.
F.      Alokasi Waktu  : 1 x 80 menit

G.    Pendekatan  dan Metode Pembelajaran:      
1.    Pendekatan    :Saintifik
2.    Metode          :Diskusi kelompok

H.    Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
a.      Persiapan psikis dan fisik dengan membuka pelajaran denganmengucapkan salam dan berdoa bersama(menghayati ajaran agama),
b.      Menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pembelajaran (rasa ingin tahu).
c.       Mengaitkan materi yang akan diajarkan saat ini dengan menanyakan pada siswa bagaimana kepadatan penduduk berdasarkan pemukiman yang ada di sekitarmu
d.      Memberi motivasi siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran dengan melihat tayangan yang terkait dengan materi, dilanjutkan dengan tanya jawab
10 menit
Inti
a.       Membagi siswa menjadi  5 kelompok (Kelompok A, B, C, D dan E).
b.      Pelaksanaan Diskusi
(1)Pembagian kelompoknya sebagai berikut :
·         Kelompok A tentang lima provinsiterpadat di Indonesia denganaktivitaspenduduk yang dominan
·         Kelompok  B tentang menghitung kepadatan penduduk Indonesia.
·         Kelompok  C tentang  sebab sebab terjadinya kepadatan penduduk
·         Kelompok D tentang dampak sebaranpenduduk yang tidakmerataterhadapberbagaiaspekkehidupan
·         Kelompok E tentang ide yang kreatifuntukmengatasimasalahsebaranpenduduk yang tidak
merata di Indonesia!

(2)Siswa terlebih dahulu mengamati gambar – gambar  yang dibagikan guru
(3)Pelaksanaan diskusi kelompok (siswa dialog mendalam untuk saling membantu memahami materi pembelajaran dengan anggota kelompok kemudian mencatathasil diskusi )
(4)Pelaksanaan unjuk kerja/presentasi, (kelompok A ditanggapi kelompok  B, Kelompok B ditanggapi C, Kelompok C ditanggapi kelompok D, Kelompok D ditanggapi Kelompok E, Kelompok E ditanggapi Kelompok A)
(5)Pelaksanaan konfirmasi dilakukan dengan memberikan umpan balik berdasarkan hasil presentasi

10 menit














5 menit

20 menit


20 menit



5 menit
Penutup


a.    Membuat  kesimpulan tentang materi pembelajaran hari itu (keadaan penduduk Indonesia) dilakukan siswa bersama guru
b.    Menugaskan peserta didik untuk pertemuan berikutnya yaitu tugas membuat tabel tentang komposisi penduduk berdasarkan pendidikan yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
c.    Tes lisan dengan mengajukan beberapa pertanyaan pada siswa tentang mengapa pulau Jawa padat penduduknya
d.    Refleksi kegiatan pembelajaran pada pertemuan ini.
e.    Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.(religius)
10 menit




I.       Penilaian  :
·    Proses : Kinerja peserta didik ( diskusi )
·    Hasil   : Test tulis
·    Instrumen : - Rubrik
                        -Soal Uraian



J.      Sumber Belajar :
Alat                                :   Komputer/Laptop, LCD,Power Point, CD Pembelajaran
Bahan/sumber  ajar         :Buku siswa, Ilmu Pengetahuan Sosial – Kemendikbud RI 2013
                                          Buku guru, Ilmu Pengetahuan Sosial – Kemendikbud RI 2013
soal-soal latihan, gambar-gambar.
                     







    Mengetahui,.................,
 Kepala Sekolah                                                                      Guru Mata Pelajaran IPS



   .......................................                                                                            



























LAMPIRAN PENILAIAN TES TULIS

Pertemuan 1

SOAL :
1.    Sebutkan 4 faktor penyebab kepadatan penduduk di pulau Jawa !
2.    Sebutkan 4 usaha untuk mengatasi persebaran penduduk yang tidak merata di Indonesia!

Kunci Jawaban
1.    Faktor penyebab kepadatan penduduk di pulau Jawa :
a.       Tanahnya subur
b.      Pusat pemerintahan
c.       Fasilitas yang memadai
d.      Banyak tersedianya lapangan pekerjaan
2.    Usaha untuk mengatasi persebaran penduduk yang tidak merata di Indonesia :
a.       Transmigrasi
b.      Pemerataan fasilitas pedidikan di seluruh wilayah Indonesia
c.       Pemerataan lapangan pekerjaan di seluruh wilayah Indonesia
d.      Pemrataan fasilitas kesehatan di seluruh wilayah Indonesia

LEMBAR KERJA SISWA

KELOMPOK  A
Tentukanlimaprovinsiterpadat di Indonesia denganaktivitaspenduduk yang dominan!

NamaProvinsi
Kepadatan
(jiwa/km2)
AktivitasPenduduk yang Dominan
















KELOMPOK B
Hitunglah kepadatan penduduk di propinsi propinsi yang tersebut di bawah ini!
NO
NAMA PROPINSI
POPULASI
(Jiwa)

LUAS WILAYAH
(km2)

KEPADATAN
PENDUDUK
(jiwa/km2)
1

DKI JAKARTA
8.860.381
740,29

2

JAWA BARAT
38.965.440
36.925,05

3

JAWA TENGAH
31.977.968
32.799,71

4

JAWA TIMUR
36.294.280
46.689,64

5

BALI
3.383.572
5.449,37










KELOMPOK C

Sebutkan apakah sebab sebab terjadinya kepadatan penduduk !

NO
ASPEK

SEBAB - SEBAB
1
GEOGRAFI


2
EKONOMI


3
SOSIAL


4
POLITIK



  KELOMPOK D

Apadampaksebaranpenduduk yang tidakmerataterhadapberbagaiaspekkehidupan?

Aspek
DampakSebaranPenduduk yang TidakMerata
Sosial


Ekonomi


Budaya


Politik



 KELOMPOK E

Berikan ide yang kreatifuntukmengatasimasalahsebaranpenduduk yang tidak
merata di Indonesia!

Aspek
Cara MengatasiMasalahPersebaranPenduduk
yang TidakMerata
Sosial


Ekonomi


Budaya


Politik






















RUBRIK PENILAIAN DISKUSI
Pertemuan I
No.
Nama Siswa
A s p e k
Jumlah
Skor
Nilai
Ket.
Gagasan
Kerja sama
Inisiatif
Keaktifan
Kedisiplinan
1









2









3









4



















Keterangan Skor :                                             Kriteria Nilai
Baik sekali    =    4                                              A      =    90 – 100       :  Baik Sekali
Baik              =    3                                              B       =    80 – 89         :  Baik
Cukup           =    2                                              C       =    70 – 79         :  Cukup
Kurang          =    1                                              D      =    ‹ 70               :  Kurang

                     Skor perolehan
Nilai     =                                      X  100

          Skor Maksimal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar